Minggu, 29 Juli 2012

Pengertian Multimedia


Multimedia diambil dari kata multi dan media. Multi berarti banyak dan media berarti media atau perantara. Multimedia adalah gabungan dari beberapa unsur yaitu teks, grafik, suara, video dan animasi yang menghasilkan presentasi yang menakjubkan. Multimedia juga mempunyai komunikasi interaktif yang tinggi. Bagi pengguna komputer multimedia dapat diartikan sebagai informasi komputer yang dapat disajikan melalui audio atau video, teks, grafik dan animasi.
Disini dapat digambarkan bahwa multimedia adalah suatu kombinasi data atau media untuk menyampaikan suatu informasi sehingga informasi itu tersaji dengan lebih menarik.
Multimedia adalah kombinasi dari komputer dan video atau Multimedia secara umum merupakan kombinasi tiga elemen, yaitu suara, gambar dan teks atau Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output dari data, media dapat audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar atau Multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan gambar video. Multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi. 
Dalam definisi ini terkandung empat komponen penting multimedia. Pertama, harus ada komputer yang mengkoordinasikan apa yang dilihat dan didengar. Kedua, harus ada link yang menghubungkan pemakai dengan informasi. Ketiga, harus ada alat navigasi yang membantu pemakai menjelajah jaringan informasi yang saling terhubung. Keempat, multimedia menyediakan tempat kepada pemakai untuk mengumpulkan, memproses, dan mengkomunikasikan informasi dengan ide. Jika salah satu komponen tidak ada, bukan multimedia dalam arti luas namanya. Misalnya, jika tidak ada komputer untuk berinteraksi, maka itu namanya media campuran, bukan multimedia. Kalau tidak ada alat navigasi yang memungkinkan untuk memilih jalannya suatu tindakan maka itu namanya film, bukan multimedia. Demikian juga kita tidak mempunyai ruang untuk berkreasi dan menyumbangkan ide sendiri, maka nama televisi, bukan multimedia. Dari beberapa definisi di atas, maka multimedia ada yang online (Internet) dan multimedia ada yang offline (tradisional).”

Software Multimedia


Perangkat lunak multimedia adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah beberapa media informasi, seperti teks, image/gambar, audio, grafik, video, dan interaktif. Banyak sekali jenis aplikasi multimedia, mulai dari yang sekedar hanya untuk melihat (view) saja sampai dengan membuat dan mengeditnya..

Media Player
Media player adalah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk memainkan informasi dalam bentuk audio dan video. Beberapa jenis perangkat lunak media player adalah:
o       Windows Media Player, bersifat komersial dan diproduksi oleh Microsoft Corp. Perangkat lunak ini ikut dalam paket Microsoft Windows.
o       Winamp, bersifat freeware/komersial dan diproduksi oleh Nullsoft Inc..
o       WinDVD, bersifat komersial dan diproduksi oleh Intervideo.
o       PowerDVD, bersifat komersial dan diproduksi oleh Cyberlink.
o       Musicmatch Jukebox, bersifat komersial dan diproduksi oleh Musicmatch Inc.
o       DivX Player, bersifat freeware atau komersial, diproduksi oleh DivXNetwork Inc.
o       Real Player, bersifat komersial dan diproduksi oleh Real Networks.
o       XMMS, audio player bersifat open source dan dibawah lisensi GNU General Public License.
·         Xine, DVD player yang bersifat open source dan dibawah lisensi GNU General Public License.

Video/audio editor adalah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengedit dan memanipulasi informasi dalam bentuk video dan audio. .
Beberapa jenis perangkat lunak media player adalah:
o       Adobe Premiere Pro, bersifat komersial dan diproduksi oleh Adobe Systems.
o       Adobe Premiere Elements, bersifat komersial dan diproduksi oleh Adobe Systems.
o       Windows Movie Maker, bersifat komersial dan diproduksi Microsoft Corp.
o       Pinnacle Studio, bersifat komersial dan diproduksi oleh Pinnacle Systems.
·         TMPGEnc, bersifat komersial dan diproduksi oleh Pegasis Inc.


Graphis/images Viewer
Image viewer adalah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk melihat (view) image secara terorganisasi pada sebuah direktori. Beberapa jenis perangkat lunak image viewer adalah:
o       ACDSee, bersifat komersial dan diproduksi oleh ACD Systems.
o       XNView, bersifat freeware dan diproduksi oleh Pierre-e Gougelet.
o       Irfan View, bersifat komersial dan diproduksi oleh Irfan Skiljan.
o       Microsoft Picture Manager, bersifat komersial dan diproduksi oleh Microsoft Corp.
o       Microsoft Picture and Fax Viewr, bersifat komersial dan masuk dalam paket Microsoft Windows..

Graphic/Image Editor.
Image editor adalah perangkat lunak yang digunakan untuk melukis, menggambar, mengedit dan memanipulasi image atau gambar secara interaktif pada sistem computer.
Beberapa contoh perangkat lunak image editor adalah sebagai berikut:
o       Adobe Photoshop, merupakan vector dan bitmap image editor. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Adobe Systems.
o       Corel Draw, merupakan vector image editor. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Corel Corporation.
o       Microsoft Paint, merupakan bitmap image editor. Bersifat komersial dan masuk dalam paket Microsoft Windows.
o       Paint Shop Pro, merupakan vector dan bitmap image editor. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Corel Corporation.
o       GIMP, merupakan bitmap dan vector image editor. Bersifat open source dan diproduksi oleh The GIMP Team dengan lisensi GNU General Public License.

Animasi 2D.
Software animasi 2D adalah software yang digunakan untuk membuat animasi tradisional (flat animation), umumnya mempunyai kemampuan untuk menggambar, mengatur gerak dan mengatur waktu, terkadang ada yang dapat mengimport suara. Dari sisi penggunaan umumnya tidak sulit.
Beberapa contoh perangkat lunak animasi adalah sebagai berikut:
§  Macromedia Flash
§  Macromedia Director
§  ToonBoom Studio
§  Adobe ImageReady
§  Corel RaVe
§  Swish Max
§  Adobe After Effect

Animasi 3D
Aplikasi grafik 3 dimensi (3D) adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat, mengedit, dan memanipulasi informasi dalam bentuk gambar 3 dimensi. Gambar 3 dimensi merupakan representasi gambar dalam geometri 3 dimensi. 
Beberapa contoh perangkat lunak grafik 3D adalah sebagai berikut:
§  3D Studio Max
§  Maya
§  Poser (Figure Animation)
§  Bryce (Landscape Animation)
§  Vue (Landscape Animation)
§  Cinema 4D
§  Blender (gratis)
§  Daz3d (gratis)


Pengembangan Multimedia



 Multimedia
Definisi multimedia pembelajaran terbagi menjadi dua yaitu definisi sebelum
tahun 1980-an dan sesudah tahun 1980-an. Sebelum tahun 1980-an atau pada
era 60-an, menurut Barker & Tucker, 1990 (Sunaryo Soenarto, 2005: 116),
multimedia diartikan sebagai kumpulan dari berbagai peralatan media berbeda yang
digunakan untuk presentasi. Dalam pengertian ini multimedia diartikan sebagai ragam media yang digunakan untuk penyajian materi pelajaran, misalnya penggunaan wall chart atau grafik yang dibuat di atas kertas karton yang ditempelkan di dinding.
Setelah tahun 1980-an, multimedia didefinisikan sebagai penyampaian
informasi secara interaktif dan terintegrasi yang mencakup teks, gambar, suara, video
atau animasi (Hackbarth, 1996; Philips, 1997). Hackbarth (1996: 229) menekankan
bahwa hypermedia dan hypertext termasuk multimedia interaktif berbasis komputer.

Menurut Satya Adi (2003: 5-6) menyatakan bahwa
proses pengembangan multimedia pembelajaran mengikuti lima langkah, yaitu: (1)
melakukan proses analisis yaitu menemukan kebutuhan apa saja yang diperlukan
untuk membuat multimedia; (2) membuat desain multimedia yaitu membuat
storyboard atau alur cerita; (3) melakukan pengembangan yaitu membuat motion
effect, transisi, struktur navigasi, dan data variabel; (4) melaksanakan evaluasi yaitu
menguji produk dengan melibatkan audience yang sesungguhnya; dan (5) melakukan
pendistribusian yaitu mengemas hasil karya untuk didistribusikan. Sedangkan Menurut Wood (2001: 15), pengembangan multimedia pembelajaran berpotensi meningkatkan pembelajaran kosakata. Dalam multimedia pembelajaran dapat disajikan bentuk permainan, hyperlink, hypertext, dan animasi. Bentuk permainan dapat memberi stimulasi eksternal dan menampilkan berbagai bentuk grafik. Bentuk hyperlink memberi kesempatan kepada siswa untuk memperoleh kata-kata baru dalam berbagai konteks melalui akses yang cepat ke teks dan grafik yang diinginkan siswa.

Hasil penelitian pengembangan ini dapat disimpulkan sebagai berikut.
Pertama, pengembangan multimedia dalam pembelajaran dapat
dilakukan melalui enam tahap, yaitu: (1) melakukan analisis
kebutuhan, (2) mengembangkan desain pembelajaran, (3) mengembangkan produk
multimedia pembelajaran, (4) melakukan validasi ahli, (5) melakukan revisi, dan (6)
melakukan uji coba.
Kedua, ditinjau dari aspek isi dan aspek pembelajaran, kualitas multimedia
yang dikembangkan dinilai “baik” oleh ahli materi
Ketiga, ditinjau dari aspek tampilan dan aspek pemrograman, kualitas
multimedia pembelajaran yang dikembangkan dinilai “baik” oleh ahli media
Keempat, berdasarkan hasil observasi, disimpulkan bahwa daya tarik produk
“sangat menarik
Kelima, penggunaan multimedia mempunyai dampak positif terhadap ketuntasan belajar siswa.

Multimedia content

Multimedia merupakan berbagai jenis konten media, yang digunakan bersama-sama. Jika kita memiliki sebuah teks dengan gambar, kita harus multimedia.Jika kita menambahkan video, kita harus multimedia juga. Anda dapat menonton video langsung dari situs tanpa perlu mengunduhnya, mendengarkan lagu atau menelusuri kualitas tinggi galeri foto . Konten multimedia yang seperti yang kita kenal. 

Video

kalau kita bisa format video pasti kita akan familiar dengan format video avi, 3gp, mov, rm, mkv, flv dan lain sebagainya. tapi tahukah anda yang membedakan diantara format video-video tersebut pastilah kompresi, ukuran, kualitas gambar, codec, dan lain-lain.


Audio


Format-format tersebut terbagi menjadi 3 bagian, yaitu free dan open, free, dan proprietary.
Free dan open : wav, ogg, mpc, flac, aiff, raw, au, dan midi.
Free : gsm, dct, vox, aac, mp4, dan mmf
Proprietary : mp3, wma, atrac, ra, ram, dss, msv, dvf, m4p, 3gp, amr, dan awb.
Animasi

Animasi adalah gambar bergerak atau video dengan konten gambar yang fiktif, seperti kartun dan gambar tidak riil.  flash movie merupakan file format animasi yang cukup populer. File format ini berisikan animasi interaktif dan dapat menjalankan konten berisi audio dan video. Sering digunakan untuk membuat website lebih interaktif dengan berbagai animasi, menjalankan file format audio seperti mp3 dan video seperti flv, sampai dengan untuk membuat permainan online.
Di Linux, file format flash movie yang berisikan ekstensi .swf ini dapat dijalankan dengan menggunakan GNU Gnash. Aplikasi ringan ini berfungsi untuk menjalankan file flash movie, mampu menjalankan banyak fitur SWF versi 7, dan beberapa fitur versi 8 dan versi 9.

Grafis 
format grafis :
1. Bitmap

Merupakan standar grafik yang dikembangkan oleh Microsoft untuk menampilkan gambar pada Windows.
2.  JPEG
Joint Photographic Experts Group (JPEG) adalah format gambar yang digunakan untuk menyimpan gambar-gambar hasil foto dengan ukuran lebih kecil.
Mampu menayangkan warna dengan kedalaman 24-bit true color.JPEG mengkompresi gambar dengan sifat  lossy.
3.GIF (Graphic Interchange Format)
GIF adalah format setandar untuk publikasi elektronik dan internet.yang mampu menyimpan animasi dua dimensi.Format file ini mampu mengkompres dengan ukuran kecil menggunakan kompresi LZW.Format GIF mampu menayangkan maksimum sebanyak 256 warna karena format GIF menggunakan 8- bit untuk setiap pixel-nya.

Teks

 Tipe-tipe dokumen lain sudah mampu dibaca sebagai tambahan resource bagi pengunjung, seperti file PDF, Word, Power Point, dan yang lainnya. Untuk sesi kali ini kita akan membahas khusus tentang pengoptimalan file PDF agar bisa terlisting dengan baik pada search engine. 
format teks : .doc, .ppt, .xls, .xlsx