LAPORAN KUNJUNGAN INDUSTRI
BINUS university dan XL Xplor
Oleh Achmad Rifai
DAFTAR ISI
Daftar
Isi………………………………………………………………….…………..……..1
Kata
Pengantar…………………………………………………………...………………...2
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Sekilas
Tentang XL..................................................................................................3
1.2 Pengertian
Sosial Media…………………………….........….………………..…..3
1.3 Perkembangan
Sosial Media…………………………..........………………….....4
1.4 Macam – Macam Sosial
Media……………………………………...…...5
BAB II
PEMBAHASAN (HASIL YANG DIPEROLEH)
2.1
Sejarah Singkat BINUS University…………………………………...........6
2.2 Lokasi Universitas Bina Nusantara (BINUS)………………….……......7
2.3 Manfaat kuliah Bagi Anda dan
Masa Depan…………...………..…......9
2.4
Peranan Teknologi Informasi di Bidang Industri………….…………...10
BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan……………………………………………………….…...11
KATA PENGANTAR
Tiada kata yang paling indah selain ucapan syukur kita
kepada Illahi Rabbi, Tuhan Semesta Alam yang selalu memberikan hidayah serta
Inayah-Nya kepada kita, sehingga kita bisa menikmati kehidupan sampai saat ini.
Alhamdulillah, atas bimbingan Allah SWT pelaksanaan
kunjungan industri yang dilaksanakan pada tanggal 22 Februari 2013 telah
terlaksana. Laporan ini disusun sebagai kegiatan kunjungan industri.
Disamping itu laporan ini merupakan perwujudan hasil
kunjungan industri di XL XPLOR dan BINUS university.Dalam laporan, penulis
banyak menerima bantuan dari berbagai pihak. Pada kesempatan ini kami ingin
mengucapkan terima kasih banyak kepada:
1 Allah SWT yang telah memberikan hidayah-Nya
Bapak Puguh
Rismadi selaku Guru bidang kejuruan,karena tanpa didikan beliau, kami belum
tentu bisa melecut diri untuk menghadirkan laporan ini.
3 Pihak XL XPLOR dan BINUS university yang
telah bersedia memberikan informasi kepada kami.
. Dan semua pihak yang telah membantu
terlaksananya kegiatan kunjungan industri dan dalam membuat laporan ini.
Kami berharap dengan adanya laporan ini dapat memberikan
manfaat dan motivasi yang berarti bagi para pembaca.
Kiranya laporan yang kami susun ini masih jauh dari kata
sempurna. Oleh karena itu, kami memohon kritik dan saran yang membangun demi
perbaikan dalam penyusunan laporan selanjutnya.
Akhir kata, tak ada gading yang tak retak. Oleh karena
itu kami mohon maaf atas kekurangan dari laporan ini.
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Sekilas Tentang
XL
PT XL Axiata Tbk (XL) merupakan salah satu
perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia. Perusahaan telekomunikasi
yang mulai beroperasi secara komersial sejak 8 Oktober 1996 ini merupakan
penyedia layanan seluler dengan jaringan yang luas dan berkualitas di seluruh
Indonesia bagi pelanggan ritel (Consumer Solutions) dan solusi bagi pelanggan
korporat (Business Solutions). XL merupakan satu-satunya operator yang memiliki
jaringan serat optik yang luas. XL telah meluncurkan XL 3G pada 21 September
2006, layanan telekomunikasi seluler berbasis 3G pertama yang tercepat dan
terluas di Indonesia. XL dimiliki secara mayoritas oleh Axiata Group Berhad
(“Axiata Group”) melalui Axiata Investments (Indonesia) Sdn Bhd (66,6%) dan
sisanya Emirates Telecommunications Corporation (Etisalat) melalui Etisalat
International Indonesia Ltd (13,3%), serta publik (20,1%). Sebagai bagian dari
Axiata Group bersama-sama dengan Robi (Bangladesh), HELLO (Cambodia), Idea
(India), MTCE (Iran), Celcom (Malaysia), Multinet (Pakistan), M1 (Singapore),
SIM (Thailand) dan Dialog (Sri Lanka), menjadi yang terbaik di wilayah Asia.
Semoga kehadiran XL XPLOR benar-benar mampu menjadi
tempat yang tepat bagi masyarakat yang ingin mendapatkan layanan data secara
lengkap, sahih, dan akurat seiring dengan meningkatnya animo masyarakat
Indonesia sebagai bagian dari masyarakat global yang “haus informasi”.
1.2
Pengertian Sosial Media
Media sosial
adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah
berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial,
wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk
media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.
Pendapat lain mengatakan bahwa media sosial adalah media online yang mendukung
interaksi sosial dan media sosial menggunakan teknologi berbasis web yang
mengubah komunikasi menjadi dialog interaktif.
Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan media
sosial sebagai “sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di
atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan yang memungkinkan penciptaan
dan pertukaran user-generated content”
Jejaring sosial merupakan situs dimana setiap orang bisa membuat web page
pribadi, kemudian terhubung dengan teman-teman untuk berbagi informasi dan
berkomunikasi. Jejaring sosial terbesar antara lain Facebook, Myspace, dan
Twitter. Jika media tradisional menggunakan media cetak dan media broadcast,
maka media sosial menggunakan internet. Media sosial mengajak siapa saja yang
tertarik untuk berpertisipasi dengan memberi kontribusi dan feedback secara
terbuka, memberi komentar, serta membagi informasi dalam waktu yang cepat dan
tak terbatas.
Saat teknologi internet dan mobile phone makin maju maka media sosial pun ikut
tumbuh dengan pesat. Kini untuk mengakses facebook atau twitter misalnya, bisa
dilakukan dimana saja dan kapan saja hanya dengan menggunakan sebuah mobile
phone. Demikian cepatnya orang bisa mengakses media sosial mengakibatkan
terjadinya fenomena besar terhadap arus informasi tidak hanya di negara-negara
maju, tetapi juga di Indonesia. Karena kecepatannya media sosial juga mulai
tampak menggantikan peranan media massa konvensional dalam menyebarkan berita-berita.
1.3
Perkembangan Sosial Media dari dulu sampai sekarang
Sekarang aktivitas internet tidak bisa dipisahkan dari media
sosial. Atau lebih tepatnya, orang - orang khususnya di Indonesia lebih banyak
menggunakan internet untuk mengakses media sosial. Kalau kembali ke awal
saya mengenal internet sekitar tahun 2002, media sosial belum se-booming
sekarang. Pada tahun itu fs (friendster) baru saja lahir dan bahkan Myspace
belum ada sama sekali. Internet hanya berfungsi sebagai tempat mencari
informasi online dan chatting. Bisa dibayangkan betapa tidak sosialnya kita
saat itu? hehehe.
Ketika situs jejaring sosial
mulai berkembang dengan dominasi Friendster, dunia internet mulai menjadi
sesuatu yang menarik untuk dikunjungi. Situs - situs lokal sohib.com dan
akucintasekolah.com pun mencoba untuk menjadi besar di area ini. Tetap saja, fs
yang jadi sang raja. Omongan seperti "punya fs gak?" mulai akrab
terdengar dan kelihatan lebih keren untuk menanyakan identitas seseorang di
internet daripada "punya email gak?" . Satu kendala di waktu itu
adalah, akses internet masih terbatas. Kalau enggak lewat komputer rumah, ya
lewat warnet. Situs fs mulai mendukung layanan wap, cuma saja layanan mobile
internet yang belum mendukung dalam hal harga. Bayangin saja, cuma untuk akses
fs lihat-lihat komen atau approve friend request selama sepuluh menit bisa
bikin pulsa melayang hampir 5 ribu! Mending ke warnet deh dapat 2 jam akses
hehehe.
Akhirnya muncul raja media
social facebook yang masih bertahan sampai sekarang. Dengan konsep yang lebih
dinamis daripada fs. Yang belum tau fs, di jaman dulu fs itu kita gak bisa
update status, terus kolom buat comment cuma ada satu di bagian paling bawah.
Buat kamu yang udah biasa fb-an, fs itu gak banget ya? Ya gitu deeh..Pas
posting blog ini, jadi penasaran lihat nasib fs sekarang, setelah saya akses
ternyata fs udah jadi situs bermain game online, sign-in pun bisa pakai akun
fb, wew!
Populernya facebook mulai
membuat pengalaman internet menjadi menyenangkan. Situs - situs lain pun mulai
populer dengan keunikannya masing - masing. Twitter dengan micro bloggingnya,
Foursquare dengan location check-in nya, Youtube dengan video streamingnya,
sampai Blogspot dan Wordpress dengan blogsitenya. Fasilitas pun mulai mendukung
seperti layanan mobile internet yang murah dari setiap operator seluler dan
perangkat handset yang mendukung aplikasi akses layanan langsung ke situs -
situs tersebut.
Yang menarik, perkembangan
situs media sosial ikut mengangkat popularitas website yang lain. Coba aja buka
situs apalagi yang berhubungan dengan informasi. Pasti bakal kamu temuin tombol
share facebook atau tweet untuk menyebarkan isi situs tersebut menggunakan akun
media sosial orang yang mengaksesnya. Kini kamu bisa berinteraksi ke dunia
internet dengan lebih menyenangkan karena bisa dilakukan dimana saja dan kapan
saja. Dan kalau kamu pengen mengerti lebih banyak tentang sosial media dan
mendapatkan info terbaru, ada situs yang bisa saya rekomendasikan yaitu Arwuda Indonesia (Social Media
Agency) di www.arwuda.com. Kamu bakal tahu lebih banyak
soal perkembangan media sosial di Indonesia.
1.4
Macam – Macam Sosial Media
Facebook merupakan jejaring sosial yang
banyak digemari setiap orang, baik dari kalangan anak-anak, remaja, bahkan
orang dewasa sekalipun menggunakan jejaring sosial ini, dengan adanya facebook
setiap orang dapat memiliki account sendiri dan dapat memvariasikan account
tersebut sesuka hati, contohnya saja dengan menggunakan foto, dalam facebook
ini juga terdapat fitur seperti chat, sehingga kita dapat berkomunikasi dengan
teman, saudara ataupun teman lama.
Myspace merupakan jejaring sosial yang
lahir duluan dibandingkan dengan facebook, namun facebook lebih digemari karena
orang lebih menyukai tampilan yang ada pada facebook.
Plurk merupakan jejaring sosial yang
dapat mengirimkan pesan pendek atau singkat bagi penggunanya maksimum140
karakter melalui halaman webnya.
Twitter merupakan jejaring sosial yang
hampir sama dengan jejaring sosial plurk twitter ini dapat mengirimkan pesan
pendek yang akan tampil pada halaman profil pengguna, pengirim pesan tersebut
juga dapat membatasi pesan tersebut hanya kepada teman-temannya saja.
Selain
jejaring sosial di atas masih banyak lagi contohnya yang lain seperti :
Yahoo messenger merupakan fitur tambahan dari
yahoo, sehingga kita dapat berkomunikasi dengan id yahoo, yahoo messenger ini
bisa disebut juga dengan chating, kita dapat berkomunikasi antara dua orang
ataupun lebih dengan menggunakan yahoo messenger ini.
Friendster merupakan
jejaring sosial yang lahir pertama kemudian di susul dengan Myspace, facebook
dan yang lainnya, dengan Friendster ini juga kita dapat berkomunikasi dengan
teman, saudara ataupun teman lama.
Dalam sosial media ini internet sangat
berpengaruh karena internet merupakan salah satu jaringan tiada batas yang dapat
menghubungkan komputer dalam satu wilayah dengan komputer di wilayah lain
ataupun seluruh computer yang ada di dunia, dimana dalam jaringan internet ini
terdapat fasilitas untuk browsing ataupun menggunakan jejaring sosial yang
telah disebutkan di atas.Jaringan internet ini juga terdiri dari jaringan
pemerintah, jaringan akademis, jaringan bisnis dan jaringan lainnya.Internet
ini merupakan jembatan inti terjadinya sosial media, karena dengan adanya
internet inilah sosial media dapat terjadi ataupun dapat berjalan.
BAB II
PEMBAHASAN (HASIL YANG DIPEROLEH)
2.1 Sejarah Singkat BINUS University
BINUS UNIVERSITY pada
awalnya adalah sebuah lembaga pendidikan komputer jangka pendek yang berdiri
pada tanggal 21 Oktober 1974 dengan nama Modern Computer Course. Berkat
landasan yang kuat, visi yang jelas, dan dedikasi tinggi yang berkesinambungan,
lembaga ini terus berkembang.
Pada tanggal 1 Juli 1981,
karena banyaknya peminat dan pesatnya pertumbuhan, lembaga pendidikan komputer
ini berkembang menjadi Akademi Teknik Komputer (ATK) dengan jurusan Manajemen
Informatika dan Teknologi Informasi. Tiga tahun kemudian, tepatnya pada tanggal
13 Juli 1984, ATK mendapat status Terdaftar dan berubah menjadi Akademi
Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Jakarta. Kemudian pada tanggal 1 Juli
1985, dibuka jurusan Komputerisasi Akuntansi, dan pada tanggal 21 September
1985, AMIK Jakarta berganti nama menjadi AMIK BINA NUSANTARA.
Dalam usia mudanya, sebuah
prestasi emas ditoreh AMIK BINA NUSANTARA dengan terpilih sebagai Akademi
Komputer Terbaik oleh Depdikbud melalui Kopertis Wilayah III Jakarta pada
tanggal 17 Maret 1986.
Berkat makin meningkatnya
kebutuhan masyarakat akan tenaga-tenaga andal dalam bidang teknologi informasi,
pada tanggal 1 Juli 1986, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer
(STMIK) BINA NUSANTARA didirikan dengan Program Strata-1 (S1) jurusan Manajemen
Informatika dan Teknik Informatika. Bersamaan dengan itu juga dibuka jurusan
Teknik Komputer (S1).
Pada tanggal 9 November
1987, AMIK BINA NUSANTARA dilebur ke dalam STMIK BINA NUSANTARA sehingga
terbentuk sebuah lembaga yang menyelenggarakan Program Diploma III (DIII) dan
Strata-1 (S1). STMIK BINA NUSANTARA berhasil memperoleh status
"Disamakan" untuk semua jurusan dan jenjang pada tanggal 18 Maret
1992, dan pada tanggal 10 Mei 1993 mendapat kepercayaan untuk membuka Program
Magister Manajemen Sistem Informasi, salah satu Program Pascasarjana pertama di
Indonesia di bidang tersebut.
Pada tanggal 8 Agustus
1996, BINUS UNIVERSITY berdiri dan secara sah diakui oleh pemerintah. STMIK
BINA NUSANTARA kemudian melebur ke dalam BINUS UNIVERSITY pada tanggal 20
Desember 1998, sehingga BINUS UNIVERSITY memiliki: Fakultas Ilmu Komputer,
Fakultas Ekonomi & Bisnis, Fakultas Sains & Teknik, Fakultas Bahasa
& Budaya, Fakultas Psikologi, Fakultas Komunikasi & Multimedia dan
Program BINUS Online Learning.
2.2 Lokasi Universitas Bina Nusantara (BINUS)
Universitas Bina
Nusantara memiliki 5 buah kampus yang berbeda.
Kampus Syahdan
Jl.
K H. Syahdan No. 9
Kemanggisan - Palmerah
Jakarta Barat 11480
Kampus Anggrek
Jl.
Kebon Jeruk Raya No. 27
Kebon Jeruk
Jakarta Barat 1153
Kampus Kijang
Jl.
Kemanggisan Ilir III No. 45
Kemanggisan - Palmerah
Jakarta Barat 11480
Kampus JWC
Jalan Hang Lekir I No. 6
Senayan – Jakarta 12270
Kampus Alam Sutera
Jl. Alam Sutera Boulevard No. 1
Alam Sutera – Serpong
Tangerang 15325
2.3 Manfaat kuliah Bagi Anda dan Masa Depan
Manfaat kuliah
bagi Anda dapat menuai pendidikan tinggi
Namun, ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari mendapatkan gelar
sarjana:
1. Pertama,
gelar sarjana adalah jaminan Anda dari kemandirian finansial, stabilitas dan
masa depan yang aman Anda dapat menikmati, memiliki profesi stabil dan yang
dipersenjatai dengan satu set keterampilan praktis dan pengetahuan suara.
2. Dunia
berubah terus-menerus, sehingga tidak ada yang tahu apa yang diharapkan besok.
Oleh karena itu, kita harus siap untuk segalanya, memiliki tanah yang kokoh di
bawah kaki kami. Pendidikan tinggi adalah tanah padat Anda, yang dapat
menyediakan Anda dengan percaya diri untuk masa depan, dan kekebalan dari tetes
ekonomis.
3.
Pendidikan tinggi dapat memberikan Anda kesempatan untuk menguasai profesi
dengan kesempatan kerja yang baik dan keterampilan, yang dalam permintaan.
Setelah semua, pendidikan memungkinkan Anda untuk memiliki penghasilan tetap
dan kotor.
4. Sebuah
gelar sarjana memberi Anda kesempatan besar untuk menjadi master dari hidup
Anda sendiri. Orang berpendidikan memiliki lebih banyak waktu luang dan
kebebasan pilihan tidak hanya dalam hal peluang karier, tetapi juga dalam arti
nilai-nilai moral dan spiritual.
5.
Pendidikan tinggi dapat menyediakan Anda dengan kemungkinan untuk menjadi
pemikir bebas, untuk melihat jelas dalam implikasi tersembunyi, untuk
menganalisis, menggeneralisasi, dan membuat kesimpulan. Dalam kata, mengungkap
esensi keberadaan dan membantu meningkatkan pemahaman tentang dunia.
6. Anda
dapat mewujudkan mimpi yang paling dihargai dan berharga dari Anda, untuk
menjadi pilot, memiliki rumah indah di tepi pantai, memiliki carĂ–.Education
mahal apik membuat impian Anda menjadi kenyataan.
7. Pendidikan
tinggi memperluas basis pengetahuan Anda, mempertajam pemikiran kritis Anda,
dan mengkonsolidasikan kepercayaan diri Anda.
8.
pengalaman kuliah dapat menjadi hidup dan karir meningkatkan menegaskan. Kelas
dan kursus yang mengekspos Anda kepada orang-orang yang beragam dan ideas.
Secara
keseluruhan, itu hampir mustahil untuk menghitung semua peluang yang Anda bisa
mendapatkan dengan gelar sarjana di tangan dan memperoleh pengetahuan dalam
otak, meskipun Anda harus ingat satu hal hanya bahwa dunia pendidikan tinggi
terbuka sebelum Anda tak terbatas dan serbaguna.
2.4 Peranan Teknologi Informasi di Bidang
Industri
Di bidang industri, komputer
telah digunakan untuk mengendalikan mesin-mesin produksi dengan ketepatan
tinggi, misalnya Computer Numerical
Control (CNC)
pengawasan numerik atau perhitungan, Computer Aided
Manufacture (CAM), Computer Aided Design (CAD),
yaitu industri untuk merancang bentuk (desain) sebuah produk yang akan
dikeluarkan pada sebuah industri atau pabrik. Misalkan sebuah mesin serbaguna
dalam industri logam sehingga dapat kita jumpai berbagai produk industri logam
yang bervariasi dan jika dibayangkan dikerjakan secara manual akan sangat sulit
dikerjakan. Banyak pula industri garmen yang dilengkapi dengan kendali
komputer, misalnya melakukan pewarnaan, membuat bordir, dan sebagainya.
Selain industri modern saat ini
juga memanfaatkan robot yang secara otomatis melakukan kerja-kerja tertentu
dalam sebuah industri yang dikontrol oleh komputer yang tidak mungkin
dikerjakan oleh manusia. Contohnya tangan robot dikendalikan oleh komputer
digunakan untuk memasang komponen-komponen renik danchip-chip (microprosesor) pada motherboard komputer, memasang komponen-komponen pada perangkat elektronik
seperti televisi, radio/tape, vcd/dvd player, dan lain sebagainya. Bahkan untuk
merakit kendaraan, mobil, motor, atau alat-alat berat lain yang telah
dikendalikan oleh komputer.
BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Dengan
melakukan kunjungan Industri ke XL Xplor dan BINUS University saya mendapat
pengalaman baru tentang industri, lebih mengerti dunia kerja industri, dapat
membandingkan ilmu yang diperoleh di sekolah dengan dunia kerja industri. Observasi
yang dilakukan secara nyata dan langsung pengembangan atas tugas yang diemban
oleh siswa yang pada akhirnya sebagai bekal untuk tekun terjun di masyarakat
ataupun di dunia kerja.
Referensi :
binus.ac.id