Jumat, 01 Maret 2013

Laporan Kunjungan Industri


LAPORAN KUNJUNGAN INDUSTRI
BINUS university dan XL Xplor
Oleh Achmad Rifai


DAFTAR ISI
Daftar Isi………………………………………………………………….…………..……..1
Kata Pengantar…………………………………………………………...………………...2

BAB I     PENDAHULUAN
     1.1  Sekilas Tentang XL..................................................................................................3
     1.2  Pengertian Sosial Media…………………………….........….………………..…..3
     1.3  Perkembangan Sosial Media…………………………..........………………….....4
                  1.4  Macam – Macam Sosial Media……………………………………...…...5

BAB II   PEMBAHASAN (HASIL YANG DIPEROLEH)
               2.1 Sejarah Singkat BINUS University…………………………………...........6
                  2.2 Lokasi Universitas Bina Nusantara (BINUS)………………….……......7
                  2.3 Manfaat kuliah Bagi Anda dan Masa Depan…………...………..…......9
                  2.4 Peranan Teknologi Informasi di Bidang Industri………….…………...10

BAB III   PENUTUP
                         3.1  Kesimpulan……………………………………………………….…...11






KATA PENGANTAR

Tiada kata yang paling indah selain ucapan syukur kita kepada Illahi Rabbi, Tuhan Semesta Alam yang selalu memberikan hidayah serta Inayah-Nya kepada kita, sehingga kita bisa menikmati kehidupan sampai saat ini.
Alhamdulillah, atas bimbingan Allah SWT pelaksanaan kunjungan industri yang dilaksanakan pada tanggal 22 Februari 2013 telah terlaksana. Laporan ini disusun sebagai kegiatan kunjungan industri.
Disamping itu laporan ini merupakan perwujudan hasil kunjungan industri di XL XPLOR dan BINUS university.Dalam laporan, penulis banyak menerima bantuan dari berbagai pihak. Pada kesempatan ini kami ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada:
1      Allah SWT yang telah memberikan hidayah-Nya
     Bapak Puguh Rismadi selaku Guru bidang kejuruan,karena tanpa didikan beliau, kami belum tentu bisa melecut diri untuk menghadirkan laporan ini.
3      Pihak XL XPLOR dan BINUS university yang telah bersedia memberikan informasi kepada kami.
.      Dan semua pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan kunjungan industri dan dalam membuat laporan ini.
Kami berharap dengan adanya laporan ini dapat memberikan manfaat dan motivasi yang berarti bagi para pembaca.
Kiranya laporan yang kami susun ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, kami memohon kritik dan saran yang membangun demi perbaikan dalam penyusunan laporan selanjutnya.
Akhir kata, tak ada gading yang tak retak. Oleh karena itu kami mohon maaf atas kekurangan dari laporan ini.



BAB I  PENDAHULUAN

1.1    Sekilas Tentang XL

PT XL Axiata Tbk (XL) merupakan salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia. Perusahaan telekomunikasi yang mulai beroperasi secara komersial sejak 8 Oktober 1996 ini merupakan penyedia layanan seluler dengan jaringan yang luas dan berkualitas di seluruh Indonesia bagi pelanggan ritel (Consumer Solutions) dan solusi bagi pelanggan korporat (Business Solutions). XL merupakan satu-satunya operator yang memiliki jaringan serat optik yang luas. XL telah meluncurkan XL 3G pada 21 September 2006, layanan telekomunikasi seluler berbasis 3G pertama yang tercepat dan terluas di Indonesia. XL dimiliki secara mayoritas oleh Axiata Group Berhad (“Axiata Group”) melalui Axiata Investments (Indonesia) Sdn Bhd (66,6%) dan sisanya Emirates Telecommunications Corporation (Etisalat) melalui Etisalat International Indonesia Ltd (13,3%), serta publik (20,1%). Sebagai bagian dari Axiata Group bersama-sama dengan Robi (Bangladesh), HELLO (Cambodia), Idea (India), MTCE (Iran), Celcom (Malaysia), Multinet (Pakistan), M1 (Singapore), SIM (Thailand) dan Dialog (Sri Lanka), menjadi yang terbaik di wilayah Asia.

Semoga kehadiran XL XPLOR benar-benar mampu menjadi tempat yang tepat bagi masyarakat yang ingin mendapatkan layanan data secara lengkap, sahih, dan akurat seiring dengan meningkatnya animo masyarakat Indonesia sebagai bagian dari masyarakat global yang “haus informasi”.

1.2         Pengertian Sosial Media 

    Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Pendapat lain mengatakan bahwa media sosial adalah media online yang mendukung interaksi sosial dan media sosial menggunakan teknologi berbasis web yang mengubah komunikasi menjadi dialog interaktif.
Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan media sosial sebagai “sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content”
Jejaring sosial merupakan situs dimana setiap orang bisa membuat web page pribadi, kemudian terhubung dengan teman-teman untuk berbagi informasi dan berkomunikasi. Jejaring sosial terbesar antara lain Facebook, Myspace, dan Twitter. Jika media tradisional menggunakan media cetak dan media broadcast, maka media sosial menggunakan internet. Media sosial mengajak siapa saja yang tertarik untuk berpertisipasi dengan memberi kontribusi dan feedback secara terbuka, memberi komentar, serta membagi informasi dalam waktu yang cepat dan tak terbatas.
Saat teknologi internet dan mobile phone makin maju maka media sosial pun ikut tumbuh dengan pesat. Kini untuk mengakses facebook atau twitter misalnya, bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja hanya dengan menggunakan sebuah mobile phone. Demikian cepatnya orang bisa mengakses media sosial mengakibatkan terjadinya fenomena besar terhadap arus informasi tidak hanya di negara-negara maju, tetapi juga di Indonesia. Karena kecepatannya media sosial juga mulai tampak menggantikan peranan media massa konvensional  dalam menyebarkan berita-berita.


1.3 Perkembangan Sosial Media dari dulu sampai sekarang

     Sekarang aktivitas internet tidak bisa dipisahkan dari media sosial. Atau lebih tepatnya, orang - orang khususnya di Indonesia lebih banyak menggunakan internet untuk mengakses media sosial. Kalau kembali ke awal saya mengenal internet sekitar tahun 2002, media sosial belum se-booming sekarang. Pada tahun itu fs (friendster) baru saja lahir dan bahkan Myspace belum ada sama sekali. Internet hanya berfungsi sebagai tempat mencari informasi online dan chatting. Bisa dibayangkan betapa tidak sosialnya kita saat itu? hehehe.
   Ketika situs jejaring sosial mulai berkembang dengan dominasi Friendster, dunia internet mulai menjadi sesuatu yang menarik untuk dikunjungi. Situs - situs lokal sohib.com dan akucintasekolah.com pun mencoba untuk menjadi besar di area ini. Tetap saja, fs yang jadi sang raja. Omongan seperti "punya fs gak?" mulai akrab terdengar dan kelihatan lebih keren untuk menanyakan identitas seseorang di internet daripada "punya email gak?" . Satu kendala di waktu itu adalah, akses internet masih terbatas. Kalau enggak lewat komputer rumah, ya lewat warnet. Situs fs mulai mendukung layanan wap, cuma saja layanan mobile internet yang belum mendukung dalam hal harga. Bayangin saja, cuma untuk akses fs lihat-lihat komen atau approve friend request selama sepuluh menit bisa bikin pulsa melayang hampir 5 ribu! Mending ke warnet deh dapat 2 jam akses hehehe.
  Akhirnya muncul raja media social facebook yang masih bertahan sampai sekarang. Dengan konsep yang lebih dinamis daripada fs. Yang belum tau fs, di jaman dulu fs itu kita gak bisa update status, terus kolom buat comment cuma ada satu di bagian paling bawah. Buat kamu yang udah biasa fb-an, fs itu gak banget ya? Ya gitu deeh..Pas posting blog ini, jadi penasaran lihat nasib fs sekarang, setelah saya akses ternyata fs udah jadi situs bermain game online, sign-in pun bisa pakai akun fb, wew!
   Populernya facebook mulai membuat pengalaman internet menjadi menyenangkan. Situs - situs lain pun mulai populer dengan keunikannya masing - masing. Twitter dengan micro bloggingnya, Foursquare dengan location check-in nya, Youtube dengan video streamingnya, sampai Blogspot dan Wordpress dengan blogsitenya. Fasilitas pun mulai mendukung seperti layanan mobile internet yang murah dari setiap operator seluler dan perangkat handset yang mendukung aplikasi akses layanan langsung ke situs - situs tersebut.
   Yang menarik, perkembangan situs media sosial ikut mengangkat popularitas website yang lain. Coba aja buka situs apalagi yang berhubungan dengan informasi. Pasti bakal kamu temuin tombol share facebook atau tweet untuk menyebarkan isi situs tersebut menggunakan akun media sosial orang yang mengaksesnya. Kini kamu bisa berinteraksi ke dunia internet dengan lebih menyenangkan karena bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Dan kalau kamu pengen mengerti lebih banyak tentang sosial media dan mendapatkan info terbaru, ada situs yang bisa saya rekomendasikan yaitu Arwuda Indonesia (Social Media Agency) di www.arwuda.com. Kamu bakal tahu lebih banyak soal perkembangan media sosial di Indonesia.

1.4 Macam – Macam Sosial Media




Facebook merupakan jejaring sosial yang banyak digemari setiap orang, baik dari kalangan anak-anak, remaja, bahkan orang dewasa sekalipun menggunakan jejaring sosial ini, dengan adanya facebook setiap orang dapat memiliki account sendiri dan dapat memvariasikan account tersebut sesuka hati, contohnya saja dengan menggunakan foto, dalam facebook ini juga terdapat fitur seperti chat, sehingga kita dapat berkomunikasi dengan teman, saudara ataupun teman lama.




 Myspace merupakan jejaring sosial yang lahir duluan dibandingkan dengan facebook, namun facebook lebih digemari karena orang lebih menyukai tampilan yang ada pada facebook.





Plurk merupakan jejaring sosial yang dapat mengirimkan pesan pendek atau singkat bagi penggunanya maksimum140 karakter melalui halaman webnya.


Twitter merupakan jejaring sosial yang hampir sama dengan jejaring sosial plurk twitter ini dapat mengirimkan pesan pendek yang akan tampil pada halaman profil pengguna, pengirim pesan tersebut juga dapat membatasi pesan tersebut hanya kepada teman-temannya saja.

Selain jejaring sosial di atas masih banyak lagi contohnya yang lain seperti :




Yahoo messenger merupakan fitur tambahan dari yahoo, sehingga kita dapat berkomunikasi dengan id yahoo, yahoo messenger ini bisa disebut juga dengan chating, kita dapat berkomunikasi antara dua orang ataupun lebih dengan menggunakan yahoo messenger ini.


Friendster merupakan jejaring sosial yang lahir pertama kemudian di susul dengan Myspace, facebook dan yang lainnya, dengan Friendster ini juga kita dapat berkomunikasi dengan teman, saudara ataupun teman lama.




Dalam sosial media ini internet sangat berpengaruh karena internet merupakan salah satu jaringan tiada batas yang dapat menghubungkan komputer dalam satu wilayah dengan komputer di wilayah lain ataupun seluruh computer yang ada di dunia, dimana dalam jaringan internet ini terdapat fasilitas untuk browsing ataupun menggunakan jejaring sosial yang telah disebutkan di atas.Jaringan internet ini juga terdiri dari jaringan pemerintah, jaringan akademis, jaringan bisnis dan jaringan lainnya.Internet ini merupakan jembatan inti terjadinya sosial media, karena dengan adanya internet inilah sosial media dapat terjadi ataupun dapat berjalan.




BAB II   PEMBAHASAN (HASIL YANG DIPEROLEH)




2.1  Sejarah Singkat BINUS University

BINUS UNIVERSITY pada awalnya adalah sebuah lembaga pendidikan komputer jangka pendek yang berdiri pada tanggal 21 Oktober 1974 dengan nama Modern Computer Course. Berkat landasan yang kuat, visi yang jelas, dan dedikasi tinggi yang berkesinambungan, lembaga ini terus berkembang.
Pada tanggal 1 Juli 1981, karena banyaknya peminat dan pesatnya pertumbuhan, lembaga pendidikan komputer ini berkembang menjadi Akademi Teknik Komputer (ATK) dengan jurusan Manajemen Informatika dan Teknologi Informasi. Tiga tahun kemudian, tepatnya pada tanggal 13 Juli 1984, ATK mendapat status Terdaftar dan berubah menjadi Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Jakarta. Kemudian pada tanggal 1 Juli 1985, dibuka jurusan Komputerisasi Akuntansi, dan pada tanggal 21 September 1985, AMIK Jakarta berganti nama menjadi AMIK BINA NUSANTARA.
Dalam usia mudanya, sebuah prestasi emas ditoreh AMIK BINA NUSANTARA dengan terpilih sebagai Akademi Komputer Terbaik oleh Depdikbud melalui Kopertis Wilayah III Jakarta pada tanggal 17 Maret 1986.
Berkat makin meningkatnya kebutuhan masyarakat akan tenaga-tenaga andal dalam bidang teknologi informasi, pada tanggal 1 Juli 1986, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) BINA NUSANTARA didirikan dengan Program Strata-1 (S1) jurusan Manajemen Informatika dan Teknik Informatika. Bersamaan dengan itu juga dibuka jurusan Teknik Komputer (S1).
Pada tanggal 9 November 1987, AMIK BINA NUSANTARA dilebur ke dalam STMIK BINA NUSANTARA sehingga terbentuk sebuah lembaga yang menyelenggarakan Program Diploma III (DIII) dan Strata-1 (S1). STMIK BINA NUSANTARA berhasil memperoleh status "Disamakan" untuk semua jurusan dan jenjang pada tanggal 18 Maret 1992, dan pada tanggal 10 Mei 1993 mendapat kepercayaan untuk membuka Program Magister Manajemen Sistem Informasi, salah satu Program Pascasarjana pertama di Indonesia di bidang tersebut.
Pada tanggal 8 Agustus 1996, BINUS UNIVERSITY berdiri dan secara sah diakui oleh pemerintah. STMIK BINA NUSANTARA kemudian melebur ke dalam BINUS UNIVERSITY pada tanggal 20 Desember 1998, sehingga BINUS UNIVERSITY memiliki: Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Ekonomi & Bisnis, Fakultas Sains & Teknik, Fakultas Bahasa & Budaya, Fakultas Psikologi, Fakultas Komunikasi & Multimedia dan Program BINUS Online Learning.

2.2  Lokasi Universitas Bina Nusantara (BINUS)

Universitas Bina Nusantara memiliki 5 buah kampus yang berbeda.

Kampus Syahdan








Jl. K H. Syahdan No. 9
Kemanggisan - Palmerah
Jakarta Barat 11480

Kampus Anggrek













Jl. Kebon Jeruk Raya No. 27



Kebon Jeruk
Jakarta Barat 1153

Kampus Kijang















Jl. Kemanggisan Ilir III No. 45
Kemanggisan - Palmerah
Jakarta Barat 11480


Kampus JWC






                     







Jalan Hang Lekir I No. 6



Senayan – Jakarta 12270





Kampus Alam Sutera















Jl. Alam Sutera Boulevard No. 1
Alam Sutera – Serpong
Tangerang 15325


2.3 Manfaat kuliah Bagi Anda dan Masa Depan

Manfaat kuliah bagi Anda dapat menuai pendidikan tinggi
Namun, ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari mendapatkan gelar sarjana:
1. Pertama, gelar sarjana adalah jaminan Anda dari kemandirian finansial, stabilitas dan masa depan yang aman Anda dapat menikmati, memiliki profesi stabil dan yang dipersenjatai dengan satu set keterampilan praktis dan pengetahuan suara.
2. Dunia berubah terus-menerus, sehingga tidak ada yang tahu apa yang diharapkan besok. Oleh karena itu, kita harus siap untuk segalanya, memiliki tanah yang kokoh di bawah kaki kami. Pendidikan tinggi adalah tanah padat Anda, yang dapat menyediakan Anda dengan percaya diri untuk masa depan, dan kekebalan dari tetes ekonomis.
3. Pendidikan tinggi dapat memberikan Anda kesempatan untuk menguasai profesi dengan kesempatan kerja yang baik dan keterampilan, yang dalam permintaan. Setelah semua, pendidikan memungkinkan Anda untuk memiliki penghasilan tetap dan kotor.
4. Sebuah gelar sarjana memberi Anda kesempatan besar untuk menjadi master dari hidup Anda sendiri. Orang berpendidikan memiliki lebih banyak waktu luang dan kebebasan pilihan tidak hanya dalam hal peluang karier, tetapi juga dalam arti nilai-nilai moral dan spiritual.
5. Pendidikan tinggi dapat menyediakan Anda dengan kemungkinan untuk menjadi pemikir bebas, untuk melihat jelas dalam implikasi tersembunyi, untuk menganalisis, menggeneralisasi, dan membuat kesimpulan. Dalam kata, mengungkap esensi keberadaan dan membantu meningkatkan pemahaman tentang dunia.
6. Anda dapat mewujudkan mimpi yang paling dihargai dan berharga dari Anda, untuk menjadi pilot, memiliki rumah indah di tepi pantai, memiliki carĂ–.Education mahal apik membuat impian Anda menjadi kenyataan.
7. Pendidikan tinggi memperluas basis pengetahuan Anda, mempertajam pemikiran kritis Anda, dan mengkonsolidasikan kepercayaan diri Anda.
8. pengalaman kuliah dapat menjadi hidup dan karir meningkatkan menegaskan. Kelas dan kursus yang mengekspos Anda kepada orang-orang yang beragam dan ideas.
Secara keseluruhan, itu hampir mustahil untuk menghitung semua peluang yang Anda bisa mendapatkan dengan gelar sarjana di tangan dan memperoleh pengetahuan dalam otak, meskipun Anda harus ingat satu hal hanya bahwa dunia pendidikan tinggi terbuka sebelum Anda tak terbatas dan serbaguna.

2.4 Peranan Teknologi Informasi di Bidang Industri

Di bidang industri, komputer telah digunakan untuk mengendalikan mesin-mesin produksi dengan ketepatan tinggi, misalnya Computer Numerical Control (CNC) pengawasan numerik atau perhitungan, Computer Aided Manufacture (CAM), Computer Aided Design (CAD), yaitu industri untuk merancang bentuk (desain) sebuah produk yang akan dikeluarkan pada sebuah industri atau pabrik. Misalkan sebuah mesin serbaguna dalam industri logam sehingga dapat kita jumpai berbagai produk industri logam yang bervariasi dan jika dibayangkan dikerjakan secara manual akan sangat sulit dikerjakan. Banyak pula industri garmen yang dilengkapi dengan kendali komputer, misalnya melakukan pewarnaan, membuat bordir, dan sebagainya.
Selain industri modern saat ini juga memanfaatkan robot yang secara otomatis melakukan kerja-kerja tertentu dalam sebuah industri yang dikontrol oleh komputer yang tidak mungkin dikerjakan oleh manusia. Contohnya tangan robot dikendalikan oleh komputer digunakan untuk memasang komponen-komponen renik danchip-chip (microprosesor) pada motherboard komputer, memasang komponen-komponen pada perangkat elektronik seperti televisi, radio/tape, vcd/dvd player, dan lain sebagainya. Bahkan untuk merakit kendaraan, mobil, motor, atau alat-alat berat lain yang telah dikendalikan oleh komputer.



BAB III  PENUTUP

3.1 Kesimpulan

Dengan melakukan kunjungan Industri ke XL Xplor dan BINUS University saya mendapat pengalaman baru tentang industri, lebih mengerti dunia kerja industri, dapat membandingkan ilmu yang diperoleh di sekolah dengan dunia kerja industri. Observasi yang dilakukan secara nyata dan langsung pengembangan atas tugas yang diemban oleh siswa yang pada akhirnya sebagai bekal untuk tekun terjun di masyarakat ataupun di dunia kerja.



Referensi :
binus.ac.id











Tidak ada komentar:

Poskan Komentar